ilmu budaya dasar

Posted: Tuesday, October 18, 2011 | Diposkan oleh Ardiansyah Ramadhan |
Mirip film-film zaman kerajaan yang selalu menyuguhkan perang keroyokan. Adu fisik, dengan senjata seadanya, kemudian turun kejalan, dan melakukan aksi pengeroyokan terhadap kelompok lain yang diangap sebagai musuh. Atau dalam bahasa kerennya 'tawuran' , -cara ini banyak dijadikan sebagai solusi mengatasi persoalan. Ketika ingin memerdekakan Demak dari kekuasaan Majapahit, pasukan joko tingkir dengan semangat 'tawuran' akhirnya maju tanpa takut akan terluka ataupun mati. Akhirnya Demak Bintoro bediri sebagai kerajaan sendiri. Sepertinya kisah tawuran dan kekerasan tak berhenti disitu saja. Bahkan mungkin sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia hingga masa kini. Entah, siapa yang harus disalahkan. Hidup sepertinya hanya menjadi ajang untuk adu kekuatan, tanpa kita tahu apa yang dibelanya, apa yang diperjuangkannya..Masalah ini cukup kronis mendera bangsa kita. Tawuran sepertinya dijadikan satu-satunya solusi untuk mengatasi persoalan.
Hampir setiap minggu, media massa menyodorkan kepada kita tentang masalah sosial tersebut. Tawuran sepertinya sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. Segala masalah yang tidak bisa dilakukan dengan cara damai, jawabannya pasti dengan tawuran. Bahkan bukan hanya pelajar atau warga saja yang menghiasi kolom-kolom media cetak atau elektronik, akan tetapi aparat pemerintah pun sepertinya tidak ingin ketinggalan pula.
contoh nya tawuran antar pelajar yang di sebabakan hanya karna masalah spele yang harus nya bisa dselesaikan dengan cara damai ada pula hanya karena ejek-ejekan.itulah potretan dari berbagai banyaknya budaya di indonesia .


0 komentar:

Post a Comment